Cara Cek Nomor NISN Siswa Benar atau Salah



Nomor Induk Siswa Nasional ( NISN) Merupakan Kode Unik pada setiap siswa, yang Merupakan Bagian dari Sistem DAPODIK ( Data Pokok Pendidikan) Namun Ada kala Kita merasa Bimbang,

Apakah NISN yang dimiliki Oleh Si A Benar atau Salah?

Pengalaman Saya Pernah ada Anak Yang NISN nya Tertukar dengan Temannya, Atau Karena Tulisannya saking bagus Sehingga Bisa saja terjadi kesalahan Penulisan ( biasanya karena Penulisan secara Manual).

Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu.
Tujuan dan Manfaat
  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara Cek Nomor NISN Benar Atau Salah


Nah untuk Menjawab Kebimbangan maka tidak ada salahnya sobat Cek NISN Sobat
Caranya Cukup Mudah, sobat bisa menggunakan NISN Sobat atau juga Bisa Dengan Nama dan Tanggal Lahir

Sobat Tinggal Masuk ke http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data

Disana Ada 2 Pencarian yaitu Pencarian Berdasarkan NISN ( jika sobat udah Punya)
Pastikan Datanya sesuai dengan Data Sobat, Jika di Pencarian Keduanya data sobat belum muncul, berarti sobat belum mempunyai NISN, silahkan ajukan agar mendapatkan NISN.
Semoga bisa membantu

Advertisement
Cara Cek Nomor NISN Siswa  Benar atau Salah