-->

Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B

Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B – DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD telah melengkapi Fitur terbaru yang terdapat pada pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018B semester 2. Fiktur atau menu terbarunya yaitu sekarang sekolah dapat mencetak surat pindah atau mustasi tanpa harus susah payah membuat surat pindah sekolah untuk siswa, karena pada pembaharuan aplikasi dapodik terbaru 2018 b sudah dilegkapi dengan fitur cetak surat mutasi peserta didik atau surat pindah siswa.

Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B
Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B

Pada Dapodik Versi 2018.b semester 2 semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu cetak Surat baik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Selain perubahan menu tersebut terdapat juga beberapa perbaikan menu lain sekolah, peserta didik, dan sarana yang dapat digunakan di satuan pendidikan.

Pembaruan ini adalah untuk penyempurnaan perihal mutasi peserta didik melalui dapodik. Pada aplikasi versi 2018.b ini, peserta didik yang mutasi akan otomatis dibuatkan surat mutasi berdasarkan isian Dapodikdasmen di sekolah asal. Berdasarkan uraian tersebut, maka saat perpindahan siswa atau peserta didik dari kelas yang satu ke kelas lain yang sejajar, dan atau dari sekolah yang satu ke sekolah yang lain, harus dibuatkan surat mutasi melalui dapodik. 

Lalu bagai mana cara membuat atau cetak surat mutasi peserta didik di dapodik 2018 ? berikut untuk lebih jelasnya.


Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B


Berikut langkah-langkah untuk melakukan Cetak Surat Mutasi/Pindah Siswa melalui Aplikasi Dapodik terbaru adalah sebagai berikut:

1. Pilih peserta didik yang akan dimutasi, klik tombol registrasi dan isi registrasi keluar peserta didik tersebut.

2. Setelah mengisi registrasi keluar, segera lakukan sinkronisasi agar data lokal di sekolah sama dengan data di server pusat.

3. Selanjutnya pada menu PD Keluar, pilih peserta didik tersebut lalu klik tombol cetak surat mutasi.

4. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Status pertama adalah “Belum Melakukan Konfirmasi Cetak”. Untuk melakukan konfirmasi, klik tombol “Konfirmasi Cetak”.

5. Pilih Ya untuk melanjutkan. Silakan pilih dengan hati-hati karena bila konfirmasi cetak selesai dilakukan, maka peserta didik tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi peserta didik aktif di sekolah tersebut.

6. Selanjutnya, bila sudah sukses melakukan konfirmasi maka pengguna bisa melakukan cetak surat mutasi dengan cara klik tombol “Cetak Dokumen”.

7. Selanjutnya akan tampil jendela cetak surat mutasi. Silakan atur sesuai kebutuhan lalu klik print, dan selesai.


Nah itulah proses cara mencetak surat pindah siswa didapodik 2018, cukup mudah bukan. Sebagai tambahan informasi untuk anda berikut saya bagikan panduan lengkap cara penggunaan aplikasi dapodik versi terbaru tahun 2018 versi B.

Panduan Instal dan Penggunaan Aplikasi Dapodik 2018 B [ Download DISINI ]

Download Aplikasi Dapodik versi 2018.B DISINI


Demikianlah panduan yang dapat admin bagikan mengeni Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B, semoga cara diatas dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan operator sekolah saat akan membuat surat pindah siswa didapodik.

Advertisement
Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B