Skip to main content

follow us

Pemerintah segera membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 pada 19 September mendatang. Apa saja kisi-kisi soalnya?

Pemilik lembaga tempat les untuk tes CPNS Akses Education Centre, Widi Adia Nugraha mengatakan pada dasarnya soal-soal dalam tes CPNS berasal dari materi-materi yang pernah dipelajari sewaktu sekolah.

Namun, banyak materi tersebut tidak dibahas lagi ketika memasuki jenjang yang lebih tinggi. Ia mencontohkan materi kebangsaan pancasila.
"Contohnya itu tes soal kebangsaan pancasila. Jadi itu soal-soal sebenarnya pernah dipelajari di sekolah dan sekarang jarang dibuka lagi misal kuliah jurusan sosial pasti sudah jarang hitung-hitungan lagi," kata dia kepada detikFinance, Sabtu (8/9/2018).

Lebih lanjut, ia memaparkan pada dasarnya calon pelamar harus mengetahui betul tipe soal tes CPNS. Karena ada yang sulit maupun ada yang mudah.

"Jadi kenali tipe soalnya ya ada mudah dan ada yang susah. Contoh mudah yang dilakukan di kehidupan sehari, misal yang mudah itu implementasi dari pancasila kedua di kehidupan sehari-hari dan kalau yang sulit ya kayak sebutkan ayat nomor berapa menjelaskan apa," papar dia.

Sementara itu, nantinya ada tiga penilaian dalam tes CPNS tersebut, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar