-->

Panduan Aplikasi Sibos Pintar Terbaru 2019/2020

Panduan Aplikasi Sibos Pintar – Pada tahun 2019 Kemenag Perkenalkan Aplikasi terbarunya yaitu Sibos-Pintar. Berkenaan dengan kebijakan baru subdirektorat kesiswaan Direktorat KSKK Dirjen Pendidikan Islam, Bahwa Sistem Informasi Bos dan Progam Indonesia Pintar (PIP) harus menggunakan Aplikasi Sibos Pintar.

Panduan Aplikasi Sibos Pintar Terbaru 2019/2020
Panduan Sibos Pintar Terbaru 

Untuk itu bagi sekolah yang bernaung di Kemenag disarakan agar menggunakan aplikasi Sibos Pintar sesuai anjuran yang berlaku. Maka dari itu silakan lakukan instal aplikasinya dan lakukan pengisian data validasi bos dan PIP di aplikasi Sistem Informasi Bos (SIBOS) ini.

Apa Kegunaan Aplikasi Sibos Pintar ?

SIBOS PINTAR adalah aplikasi terbaru untuk sistem informasi bos dan progam indonesia pintar  yang memiliki tujuan untuk melakukan validasi Data bagi para penerima BOS dan PIP.

Jadi untuk mendapatkan pengajuan data PIP dan BOS Madrasah, silakan lakukan pengajuan Formulir Usulan Siswa (FUM) di  SIBOS PINTAR. Pengajuan FUM itu di lakukan agar siswa terekap untuk dilakukan pengajuan data ke pusat dengan jumlah siswa yang ada di sekolah untuk mendapat kuota pengajuan BOS dan PIP untuk tahun ajaran 2019.

Nah, itulah tujuan utama diciptakannya aplikasi SIBOS-PINTAR ini, karena mampu mengcover jumlah penerima BOS dan PIP agar tidak kurang dari anggaran. Selain itu dapat di tentukan dari jumlah usulan dari setiap Madrasah melalui aplikasi SIBOS - PINTAR ini dan itupun bila nantina aplikasi ini berjalan kalo tidak berarti tetap sama dengan pengajuan tahun sebelumnya atau bahkan bisa diterapkan di EMIS online, mudah - mudahan saja biar tidak terlalu banyak kerjaan kita.

Nah bagi anda yang belum tahu cara instal, cara mengisi atau mendaftarkan siswa sibos pintar dll, berikut kami ulas panduan lengkap Menggunakan Sibos pintar.

Cara Instal Aplikasi Sibos Pintar

Silahkan Download Aplikasi versi Destopnya terlebih dahulu, kemudian lakukan Instalasi manual pada perangkat Anda.

Langkah - langkah Instal


  • Download Aplikasi Sibospintar Disini
  • Setelah aplikasi terunduh, proses selanjutnya yaitu menginstal.
  • Silakan buka folder unduhan "Setup SIBOS_PINTAR_2018_09_12", berupa file .rar
  • Ekstrak file rar tersebut dengan menggunakan aplikasi ekstrak seperti WinRar, Winzip, atau 7Zip
  • Setelah diekstrak, buka folder hasil ekstrak tersebut, yang didalamya terdapat dua file
  • Pilih  file "Setup" atau "SetupSIBOSPINTAR" dua kali
  • Maka akan muncul jendela instalasi (SetupSIBOSPINTAR).
  • Klik/Pilih "Next"
  • Setelah itu klik "Select Instalation Folder"
  • Biarkan apa adanya kemudian Pilih "Next". Apabila Anda ingin melakukan perubahan lokasi pemasangan dan pilihan penggunaan (User).
  • Akan tampil "Confirm Installation", Klik “Next
  • Proses instalasi sedang berjalan, silakan tunggu sampai selesai
  • Bila selesai akan muncul "Installation Complete"  Berarti aplikasi berhasil terinstal. Klik Close


Cara Mengisi Siswa di Sibos Pintar Dalam Merekap Forum

Setelah berhasil melakukan instal silakan lakukan pengisian data pada bos pintar. Berikut kami bagikan panduan cara mengajukan siswa ke dalam rekap Formulir Usulan Madrasah ( FUM) di bios pintar, sebagai berikut :

1. Masuk aplikasi dekstop SIBOS-PINTAR

2. Masukkan usename = NSM lembaga pasword = User12345

3. Setelah itu klik pada daftar kelas ⇨ pilih kelas yang siswanya akan di usulkan ke FUM

4. Klik detail jika sudah pernah input siswa tapi jika belum maka klik daftarkan siswa kemudian input siswa bisa narik data dari emis atau jika tidak ada maka bisa input manual.

5. Setelah klik detail maka akan tampil cendela di sebelah kanan seperti gambar dibawah ini.

6. Setelah itu cek di daftar laporan lembaga ⇒ rekap lembaga tahun pelajaran 2019/2020 maka akan muncul jendela baru disebelah kanan seperti gambar dibawah ini.

7. Lakukan langkah - langka seperti di atas untuk siswa yang lainnya, passtikan semua siswa masuk pada rekap Formulir Usulan Madrasah (FUM).

Supaya lebih jelas lagi mengenai tutorial yang ada pada cara pengunaan Sibos Pintar terbaru tahun 2019/2020 silakan download panduanya dibawah ini:

Download Panduan Dan Aplikasi Versi terbaru

Untuk Anda yang belum memiliki panduan lengkap terkait pengisian data PIP dan data Bos madrasah sesuai sistem baru pada aplikasi sibos cerdas/pintar ini.

Di kembangkannya sibos-pintar tentunya  untuk membantu lembaga madrasah dalam menambahkan daftar pengusulan masuk program indonesia pintar.

Jadi aplikasi ini cukup penting, maka dari itu silakan unduh tuturial pengisian dan aplikasi veri terbarunya berikut.


Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Panduan Aplikasi Sibos Pintar. Seoga panduan singkat ini dapat bermanfaat buat kita semua.
Advertisement
Panduan Aplikasi Sibos Pintar Terbaru 2019/2020