Skip to main content

follow us

Pemahaman Spasial dalam sistem informasi tentu sangat terkait dengan Wilayah, Sumber Daya, dan Konten yang akan diangkat menjadi isu atau analisis khususnya pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu aset negara yang harus dipahami sebagai tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat

Perbedaan dalam penyusunan strategi untuk pengelolaan pendidikan, salah satu referensi adalah adanya perbedaan pola dan karakteristik daerah, dengan menempatkan Wawasan Nusantara sebagai dasar atau titik tolak penyusunan strategi pendidikan di daerah. Perbedaan ini, salah satunya disebabkan oleh tumbuh kembangnya kondisi setempat, dan pengaruh dari tempat lain karena faktor letak geografis yang memunculkan saling interaksi antar lokasi.


Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan rekonsilidasi Data Referensi Wilayah sampai tingkat kecamatan, antara data Kemendikbud, Kemendagri, BPS dan BIG (Badan Informasi Geospasial). Sumber data rujukan yang digunakan untuk rekonsilidasi Data Referensi Wilayah adalah: BPS 2014 Peraturan Kepala BPS Nomor 151 Tahun 2014 Tentang Kode dan Nama Wilayah Kerja Statistik Tahun 2014 BPS 2015 http://mfdonline.bps.go.id/, KEMENDAGRI 2015 http://www.kemendagri.go.id/pages/data-wilayah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2015 Tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, KEMENDIKBUD 2015 http://referensi.data.kemdikbud.go.id, dan BIG Batas Wilayah Administrasi Indikatif bersumber dari peta RBI skala 50.000 berbagai tahun dikompilasi oleh PPBW-BIG pada tahun 2015

Untuk melaksanakan update data atau verifikasi dan validasi data wilayah di daerah masing-masing melalui verval wilayah http://wilayah.data.kemdikbud.go.id/ oleh Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat, atau teman-teman Pengelola Data Pendidikan (Operator Sekolah) langsung menginformasikan ke PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan), yang akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan setempat. Untuk koreksi, hasil dari rekonsilidasi data wilayah dapat dilihat pada: http://pres.data.kemdikbud.go.id.

sumber : http://spasial.data.kemdikbud.go.id

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar