Skip to main content

follow us

Cara Cek Data Operator Dapodik -  Cara ini perlu dilakukan bagi sekolah yang mengalami pergantian Operator Sekolah ( OPS) karena takutnya di dapodik data operatornya ada 2 yaitu operator lama dan Operator baru, jika hal demikian ini terjadi dalam Dapodik sekolah sobat, maka data yang sobat sinkronkan ke server pusat bisa saja menjadi data invalid. Maka untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan sebaiknya segera cek data aktivitas operator dalam aplikasi Dapodik, lalu pastikan bahwa nama operator yang terdaftar dalam aplikasi Dapodik hanya  satu nama dan satu alamat email, karena jika ada lebih dari 2 data maka data yang disinkronkan akan terancam invalid. Sehingga kemungkinan ini pun harus segera diantisipasi.

Cara Mudah Cek Data Operator Sekolah

Ikuti langkah berikut ini:
  1. Silahkan login pada aplikasi Dapodik anda, masukkan username dan pasword.
  2. Setelah berhasil login, klik menu Managemen Pengguna pada kolom Identitas Sekolah, seperti gambar dibawah ini.
  3. Selanjutnya silahkan masukkan kode registrasi sekolah anda. Perlu diperhatikan, simpan dan ingat baik-baik kode registrasi sekolah anda, karena ini merupakan kunci utama dalam pengelolaan aplikasi Dapodik. 
  4. Lalu akan muncul data nama operator dan usernamenya, silahkan hapus data operator yang sudah tidak aktif lagi. Hal ini sering terjadi pada sekolah yang berulang kali mengalami pergantiian operator sekolah.
  5. Setelah dihapus, maka data operator menjadi data operator terbaru.
Harus sobat ketahui bahwa Dapodik merupakan ujung tombak data pendidikan dan menjadi acuan Kemdikbud dalam merealisasikan program-programnya, mulai dari kesiswaan, sarana dan prasarana sampai kesejahteraan PTK. Dan baru-baru ini, banyak kasus guru bersertifikasi tidak dapat menikmati tunjangan sertifikasi hanya karena kesalahan input data pada Dapodik.
Untuk itu bagi para kepala sekolah hendaknya selalu memeriksa data pada dapodik sebelum di singkronkan oleh Operator sekolahnya

Semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar