Skip to main content

follow us

Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi - Sudah diketahui oleh kita bersama bahwa program pemerintah khusunya pendidikan yaitu program guru pembelajar sudah mulai dilaksanakan, meskipun pada daerah pedesaan kendala jaringan internet masih saja terjadi apalagi bagi peserta yang menggunakan moda daring ataupun daring kombinasi ditambah dengan kendala server pusat yang susah terhubung dengan aplikasi guru pembelajar. 

Guru Pembelajar moda Daring kombinasi yaitu Perpaduan model pembelajaran antara moda Daring dan tatap muka dan dipandu oleh mentor dan juga di fasilitasi oleh pengampu. Perlu sobat ketahui bahwa peserta Guru Pembelajar Online ( GPO) dikelompokan dengan berbagai moda ini berdasarkan hasil UKG Online yang telah dilaksanakan sebelumnya sesuai dengan ketentuan 10 kompetensi warna merah yakni bagi rapor merahnya 6-7. Sedangkan bagi yang rapor merahnya 3-5 hanya mengikuti moda daring

Untuk jadwal Pertemuan tatap muka akan dilaksanakan sesuai jadwal yang disepakati bersama antara peserta dan mentor (kebijakan Dinas Pendidikan kab/kota esetempat). 

Berikut adalah panduan singkat tentang Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi : 

Diatas adalah beberapa interaksi antara Pengampu dan mentor, mentor dan peserta, pengampu dan peserta. atau penjelasannya sebagai berikut

  1. Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
  2. Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan peserta secara daring dan luring.
  3. Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta secara daring.

Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi


Panduan Guru pembelajar Moda Daring kombinasi ini saya kutip dari jetjetsemut.blogspot.co.id

1. Apa itu Peserta Guru Pembelajar Daring Kombinasi

Guru pembelajar moda diatas dilaksanakan bagi guru dengan peta kompetensi hasil UKG nya memiliki 6 (enam) sampai dengan 7 (tujuh) kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada UKG 2015 lalu. (baca penjelasannya dalam raport UKG 2015)

Pada GP moda daring kombinasi, peserta akan dibimbing oleh mentor secara daring dan luring (LUAR JARINGAN) di Pusat Belajar (PB).

Nah, mengenai tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada GP moda daring kombinasi dilakukan di Pusat Belajar sesuai kesepakatan antara mentor dan peserta. Pusat Belajar dapat menggunakan:

Kelompok Kerja Guru (KKG) / Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) / Gugus Belajar di Kabupaten/Kota, atauTempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten/Kota, atau Sekolah tempat peserta bertugas mengajar.

Baca Juga :

2. Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan GP Moda Daring Kombinasi

Moda daring kombinasi adalah gabungan antara daring dan tatap muka dengan komposisi 48 JP untuk interaksi daring dan 12 JP (4 JP/pertemuan: sebanyak 3 pertemuan, yaitu Minggu I, III, dan VI) untuk interaksi tatap muka di PB bersama mentor. Pada setiap pertemuan tatap muka, mentor harus menyiapkan daftar hadir dan berita acara yang harus dilaporkan ke UPT dan akan menjadi lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan.

Aktivitas pembelajaran peserta pada GP moda daring kombinasi dijelaskan pada Tabel 1 berikut.

Pada saat tatap muka di PB, peserta bersama mentor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran selama total 12 JP, dengan struktur program pada setiap tatap muka seperti pada Tabel 2


a. Kegiatan Awal
Kegiatan pada moda ini diawali dengan pengenalan konsep dan sistem GP moda daring yang dipandu oleh mentor di pusat belajar yang telah ditentukan. Peserta akan masuk (login) ke dalam LMS sesuai dengan nama pengguna (username) dan kata kunci (password) yang sudah ditentukan. Selanjutnya, peserta akan melaksanakan aktivitas pembelajaran bersama mentor di PB sesuai dengan struktur program TM-1 yang tertuang pada Tabel 2 diatas. Pada akhir pertemuan, mentor membimbing peserta membuat rencana belajar selama 6 minggu.

b. Kegiatan pada Sesi Pembelajaran
Kegiatan pada sesi pembelajaran adalah kegiatan inti dimana peserta melaksanakan pembelajaran daring dan luring, baik secara mandiri maupun terbimbing oleh mentor. Pada kegiatan ini, peserta melakukan aktivitas-aktivitas untuk mencapai target kompetensi dan hasil belajar yang telah ditentukan sebelumnya dan dibuktikan dengan tugas dan tagihan. Untuk GP moda daring kombinasi ini, peserta dan mentor bertemu secara tatap muka di Pusat Belajar (PB) untuk berdiskusi dan membahas hal-hal yang terkait dengan pembelajaran. Tatap Muka ke-2 (TM-2) pada sesi pembelajaran dilaksanakan di pertengahan sesi antara sesi 2 dan 3, dengan struktur materi seperti tertuang pada Tabel 2. Pada setiap akhir sesi, peserta akan mengerjakan tes sumatif sesi.

c. Kegiatan Akhir
Kegiatan akhir dilaksanakan secara daring dan tatap muka di pusat belajar pada minggu ke 6 (sesi penutup), untuk meyakinkan bahwa semua tugas maupun tagihan yang dipersyaratkan pada pembelajaran GP moda daring telah terunggah seluruhnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), peserta akan melaporkan hasil pembelajaran GP moda daring mulai dari awal hingga akhir dengan membawa seluruh bukti yang dapat dipertanggungjawabkan untuk di reviu dan divalidasi oleh mentor.

Keterangan : 
Jika terdapat satu dan lain hal yang menjadi pertimbangan sehingga peserta harus beralih moda ke tatap muka, maka wewenang dan tanggungjawab untuk mengalihkan peserta tersebut diberikan kepada Dinas. Peserta yang ditetapkan mengikuti GP moda daring kombinasi, namun memiliki kriteria sesuai dengan GP moda daring – model 2 dan akan dialihkan, maka wewenang dan tanggungjawab pengalihannya diserahkan kepada UPT.

Demikian informasi tentang panduan guru pembelajar moda daring kombinasi , semoga bermanfaat.

Source : https://jetjetsemut.blogspot.co.id/2016/06/guru-pembelajar-moda-daring-kombinasi.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar