Skip to main content

follow us

Dinas Pendidikan Yakin Soal Ujian Kali Ini Aman Dari Kebocoran - Ujian Nasional sebentar lagi akan dilaksanakan, beberapa pihak terkait saat ini sedang mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan UN Tersebut baik dari segi kualitas maupun segi keamanan dari soal itu sendiri, sehingga tidak ada kebocoran-kebocoran soal seperti pada Ujian sebelumnya.

Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng memastikan Ujian Nasional (UN) baik yang berbasis komputer (UNBK) atau kertas pensil (UNKP) yang dilaksanakan pada April nanti dipastikan aman.

Bahkan mereka cukup yakin bahwa ujian nasional yang menggunakan kertas pensil (UNKP) aman dari kebocoran. Sebab pihaknya telah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk keamanan soal.

“Untuk kemanan soal, kita sudah kerjasama dengan Polda untuk pengawalan. Kecil kemungkinan bocor,” ucap sekretaris Disdik Kalteng Gazali Rahman kepada Kalteng Pos, Sabtu (25/3).

Menurut Rahman, dari awal soal tiba sampai dibuka di hadapan peserta ujian mendapat pengawasan dari kepolisian.

Sehingga dipastikan orang yang menjanjikan kunci jawaban itu hanya ingin mengambil untung dengan momen-momen ujian tahunan ini.

“Jika ada yang menjanjikan kunci jawaban itu pasti tidak benar. Sebab kita sudah kerjasama dengan kepolisian dan juga susunan soal tiap siswa berbeda-beda,” ujarnya.

Dijelaskan Rahman, dalam satu kelas tiap siswa akan mendapatkan soal yang berbeda urutannya. Walau ada soal yang sama dan mirip itu berbeda nomer urut. Sehingga contekan pun tidak bisa.

“Jangan termakan tawaran jawaban soal. Lebih baik belajar tekun dan banyak berdoa agar lulus dan bisa diterima diperguruan tinggi. Tidak usah menggunakan cara-cara yang tidak sehat. Apa lagi dibohongi orang yang menjanjikan kunci jawaban,” terangnya.
Sumber : jpnn.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar