Skip to main content

follow us

Atasi Masalah Pendidikan Dengan Mendidik Anak Secara Menyenangkan - Problematika pendidikan di Indonesia bukanlah tanggung jawab guru semata, melainkan tanggung jawab semua pihak yang terkait dengan pendidikan anak. dan yang paling penting dari keluarga itu sendiri sehingga nanti akan terpantau bagaimana perkembangan pendidikan Anak.

Tokoh pendidikan anak Seto Mulyadi mengajak guru dan orang tua mengubah cara mendidik anak dengan cara yang menyenangkan dan penuh kasih sayang. Tiap anak, kata Kak Seto, begitu ia akrab dipanggil, punya kecerdasan dan keunikan masing-masing.

Lantas bagaimana cara mendidik anak dengan cinta? Berikut beberapa poinnya, seperti disampaikan Kak Seto di Kalimantan Barat, Selasa (10/10), seperti dilansir Antara:

1. Tidak Memaksa

Tidak memaksa anak untuk belajar bahkan dengan cara keras atau memarahinya
Kalau dilakukan dengan cara ini, kata Kak Seto, sekolah hanya akan jadi semacam penjara. Akibatnya, anak bisa fobia atau takut masuk sekolah.

"Kalau ibu ingin marah ke anak, lebih baik pergi ke dapur lalu bersihkan peralatan dapur untuk pelampiasan," katanya.

2.  Semua anak bisa disebut cerdas
Anak cerdas bukan hanya yang pandai matematika atau ilmu-ilmu eksakta lain. Anak yang pandai di bidang seni atau dalam bidang-bidang sosial, adalah anak cerdas juga.

3.  Belajar efektif tanpa paksaan
Belajar yang efektif bukan dengan paksaan, tapi harus ada unsur hiburannya, permainan, termasuk memasukkan unsur warna-warni supaya lebih menarik.

4.  Jangan memaksa anak menghafal atau meniru
Biarkan anak berkreasi bebas. Guru dan orang tua harus punya cara yang menyenangkan dalam mengajari anak. Alih-alih mengomel, lebih baik orang tua atau guru menggantinya dengan bernyanyi atau berdiskusi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar