Skip to main content

follow us

Panduan Cara Mengisi Absen Online DHGTK Kemdikbud Dengan Benar - Cara Mengisi Absen Online / SIM Kehadiran Guru - Dalam memanfaatkan databse dapodik Kemdikbud tak henti-hentinya melakukan terobosan Terbaru, salah satunya yaitu dengan diluncurkannya Aplikasi Absen online  yang bertujuan memantau kehadiran PTK. Begitu pentingnya mengisi daftar hadir PTK secara online karena ini menyangkut Tunjangan Profesi Guru, untuk itu bagi para guru segera mengisi daftar hadir online serta mengetahui dan memahami cara mengisi absen kehadiran guru secara online di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id.

Musti diketahui bahwa Mengisi kehadiran guru secara online (DHGTK) berbasis dapodik ini bukan tugas operator melainkan tugas sekolah. Jadi kepala sekolah menugaskan salah seorang guru untuk mengisi aplikasi absensi dengan meminta user dan passwordnya ke operator.

Hal ini dikemukakan oleh Bpk. Nazarudin Kompeten di akun Facebooknya “Ini tugas sekolah, bukan OPS. Siapa saja yang ditugaskan kepala sekolah, kasih userid dan password dapodiknya”. Jika di tempat rekan-rekan kemudian KS menugaskan operator untuk mengelola aplikasi kehadiran guru maka itu menjadi tanggungjawab anda sepenuhnya.

Panduan Cara Mengisi Absen Online DHGTK Kemdikbud Dengan Benar


Bagi Sahabat guru/ Operator sekolah yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk mengelola aplikasi absen online, berikut adalah panduan mengisi absensinya sebagai berikut:

Login Aplikasi

Silakan menuju halaman SIM Kehadiran Guru pada url http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id . karena yang mengakses banyak, kemungkinan untuk masuk ke halaman ini agak susah maka dari itu cobalah link alternatif Login Absen Online DHGTK.

Jika sudah masuk silahkan isi NPSN sekolah, Username dan Password dapodik kemudian ketik juga angka acak yang tampil di bawahnya. Jika sudah pilik tombol login. Tunggu hinga masuk ke beranda aplikasi.
Baca Juga : Honorer K2 Bisa Jadi PNS Dengan Syarat Berikut Ini

Buat Kalender Sekolah

Setelah berhasil login, jangan lupa membuat terlebih dahulu Kalender Pendidikan Sekolah. Letaknya ada pada menu Data Sekolah - SUb-Menu Kalender Pendidikan.

Lakukan perubahan seperlunya dengan memili menu edit atau bisa dengan cara memilih tombol OK jika hendak menggunakan kalender pendidikan yang telah disediakan sistem.

Buat Daftar Hadir

Setelah berhasil masuk ke beranda aplikasi silakan pilih menu kehadiran dan akan tampil Menu Data Kehadiran Guru. Apabila daftar hadir belum tersedia maka buatlah dengan cara memilih menu buat daftar hadir pada bagian atas dengan warna merah. Jika tak juga muncul daftarnya silakan perbaharui laman pada menu refresh.

Isi Daftar Hadir

Untuk mengisi absensi guru online, silahkan contreng setiap hari sesuai jadwal kehadiran guru. Jika ada rekan guru yang berhalangan hadir karena sakit, izin ataupun dinas luar silahkan pilih menu data guru lalu pilih ptk tersebut kemudian pilih tombol "input surat izin/dinas luar/sakit".
Pada menu isian input surat izin, isikan nomor surat ijin, perihal surat ijin, tanggal surat ijin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan serta jenis izinnya. Lengkapi setiap kolomnya lalu pilih tombol simpan.
Baca Juga :WASPADA Telah Beredar Surat Palsu Pengangkatan CPNS K2 Di Masyarakat

Logout Aplikasi

Apabila telah selesai melakukan pengisian absensi guru jangan lupa memilih tombol simpan pada bagian atas sebelah kanan. Hal ini dilakukan supaya data yang telah diisi tersimpan si server.

Lakukan tahapan pengisian absen online untuk setiap bulannya sesuai kondisi riil disekolah,

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar