Skip to main content

follow us

Cara Cek Data PNS Di BKN Terbaru - Bpk Ibnu Aditiya Karana mengungkapkan bahwa Validasi data sedang tahap finalisasi dan sebentar lagi akan dipublis melalui laman info GTK. Dengan demikian para guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi atau Operator Sekolah dapat mengecek datanya apakah sudah valid atau tidak. Jika sudah valid tentu kita bisa bernafas lega tinggal menunggu proses penerbitan SKTP dan pencairan. Akan tetapi jika data belum valid, harus segera dilakukan upaya-upaya perbaikan sesuai dengan mekanisme yang ada dan jenis ketidakvalidannya.

Bp. Ibnu mengatakan bahwa ada tiga catatan kecil yang perlu distressing untuk dipastikan benar-benar valid agar tidak menjadi masalah pada SK yang akan diterbitkan. Ketiga catatan kecil itu meliputi data gaji pokok terbaru, penulisan NIP dan status keaktifan pada database BKN.
Baca Juga : Download Materi PLPG Sertifikasi Guru SD Terbaru
Permasalahan pertama dan kedua bisa diperbaiki lewat aplikasi dapodikdasmen yang ada di sekolah.

Perlu kita ingat bahwa sejak tahun 2017 dasar pembayaran TPG berlaku secara real time, sesuai dengan gaji pokok terbaru yang terdapat pada SK Kenaikan Gaji Berkala (KGB) terakhir atau Pangkat Terakhir.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya jika Kenaikan pokok gaji (berkala/pangkat) yang terbit pada tahun berjalan maka akan digunakan sebagai dasar pembayaran untuk tahun berikutnya, maka mulai tahun 2017 jika kenaikan gaji pokok tersebut terjadi pada tahun berjalan maka dia digunakan sebagai dasar pembayaran pada tahun itu juga.
Baca Juga : Syarat Sertifikasi Guru Yang Diangkat Sebelum 2016
Jika terjadi ketidakcocokan gaji pokok antara SK KGB/ SK pangkat Terakhir dengan SKTP yang diterbitkan oleh Ditjen GTK maka segera diperbaiki datanya di aplikasi dapodikdasmen. Saya kira operator sekolah pasti paham bagaimana cara memperbaikinya.

Hanya saja yang perlu diingat dan diperhatikan karena hal ini yang sering menjadi penyebab adalah tanggal SK dan TMT SK GB nya. Penanggalan di aplikasi dapodikdasmen sering otomatis dengan tanggal sekarang, oleh karena itu harus dicek betul. Jangan sampai SKGB terakhir tanggalnya lebih lama dari SKGB pertama atau sebelumnya.


Bagaimana jika status keaktifan bagi guru PNS belum valid, misalnya ada warning “Keaktifan belum terverifikasi oleh BKN (Data Tidak Cocok) atau bahkan tanda invalid “tidak aktif” seperti contoh pada gambar berikut ?

Untuk menyelesaikan masalah ini maka guru yang bersangkutan segera berkoordinasi dengan BKD setempat. Tentunya nanti akan diminta menunjukkan dokumen-dokumen pendukung seperti SK pangkat terakhir, KTP dan cetak Info GTK. Agar lebih jelas baiknya silahkan ditanyakan saja langsung kepada pihak BKD.

Cara Cek Data PNS Di BKN Terbaru

Untuk mengecek status keaktifan PNS pada database BKN caranya adalah :

  • Silahkan anda klik link berikut https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ (Atau bisa juga dengan mengcopy tulisannya dan pastekan pada address bar browser anda)
  • Isi NIP baru anda kemudian klik tombol merah “CARI”
  • Cek data anda
  • Setelah itu silahkan anda teliti bagian mana yang tidak valid atau tidak singkron dengan info ptk
Demikian Artikel Cara Cek Data PNS Di BKN Terbaru semoga bisa bermanfaat.

Incoming Search Term : 
  • cek data pns di bkn
  • bkn.go.id cek nip
  • https //apps.bkn.go.id/profilpns/ alamat cara cek nip & pangkat pns terbaru
  • bkn.go.id kenaikan pangkat
  • cara mengecek nip di situs bkn
  • cek keaktifan pns di bkn
  • bkn profil pns 2017
  • http //apps.bkn.go.id/profil pns


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar